Friday, January 3, 2014

Kamera Ponse vs DSLR, Mana Yang Lebih Baik?

Saya memprediksi bahwa penjualan kamera DSLR akan turun karena sudah tersaingi oleh kamera smartphone. Tapi Canon, salah satu produsen kamera terbesar, menampik hal itu. Teknologi kamera ponsel yang semakin canggih disinyalir telah membuat para pengguna beralih, dari yang tadinya sering membawa kamera DSLR, kini cukup mengandalkan smartphone untuk mengabadikan momen tak terduga.

Melihat fenomena itu tak heran jika kemudian penjualan kamera DSLR diprediksi menurunn. Menurut lembaga riset IDC, pengapalan kamera pada tahun ini akan turun dari 19,1 juta unit menjadi 17, 4 juta unit, atau berkurang sekitar 9,1%.

Hal ini tidak hanya dirasakan oleh produsen kamera, tapi juga vendor pembuat lensa bertaraf global. Sebut saja pembuat lensa Tamron, yang mengaku telah mengalami penurunan permintaan sebanyak 22% pada kuartal ketiga tahun ini.

Nikon pun merasa demikian. Tapi pesanginya, Canon, tetap percaya bahwa kamera DSLR masih memiliki pangsa pasar yang baik karena perangkat ini menawarkan kualitas lebih dibanding ponsel kamera terbaik sekali pun. "Mengambil foto dan mengedit foto dengan smartphone itu seperti memasak dengan bahan murah dan bumbu buatan. Sedangkan menggunakan DSLR itu seperti memakai bahan-bahan asli," ungkap juru bicara Canon, Takafumi Hongo.

Ok, secara kualitas memang DSLR masih jauh lebih baik dibanding ponsel mana pun. Tapi gaya hidup saat ini menuntut agar semua proses pengambilan gambar yang cepat dan bisa di-share ke berbagai sosial media. Inilah yang tidak dimiliki oleh DSLR.

No comments:

Post a Comment