Saturday, January 4, 2014

Kamera Prosumer Terbaru di Tahun 2014

Di awal tahun 2014 ini ada beberapa kamera prosumer baru yang menarik dari Sony, Olympus dan Nikon. Secara sederhana, kamera prosumer adalah kamera yang menjembatani kamera compact dan DSLR. Secara spesifikasi kamera, kualitas gambar yang dihasilkan berada di antara kedua jenis kamera tersebut. Harga kamera pun demikian.

Kamera prosumer punya satu kelebihan yang tidak dimiliki kamera compact atau DSLR, yaitu zoom lensanya punya rentang sangat luas, dari lebar sampai telefoto. Meski rasio zoom kamera prosumer ini sangat besar, ada yang bahkan bisa mencapai zoom 50X, tapi ukuran sensornya masih jauh lebih kecil dari kamera sistem DSLR sehingga kemampuan menangkap kontras cahaya dan kinerja di kondisi gelap masih kurang oke.

Sony meluncurkan kamera Sony RX10, sebuah kamera prosumer yang lain daripada yang lain karena sensor gambar yang digunakan berukuran relatif besar yaitu 1 inch.  Dengan sensor yang lebih besar, kita bisa mengharapkan kualitas foto lebih baik daripada kamera saku atau ponsel. Untuk foto kondisi gelap, ISO 800 masih terlihat oke.

Satu lagi adalah Olympus Stylus 1. Kamera baru dari Olympus ini menawarkan lensa zoom yang lebih jauh dari Sony RX10 yaitu 28-300mm f/2.8 dengan fisik lensa yang lebih mungil. 

Nikon mengumumkan kamera Nikon P7800 (USD 550), yang juga termasuk kamera prosumer canggih. P7800 bersaing langsung dengan Olympus Stylus 1 karena memiliki ukuran sensor yang sama. Perbedaan utama kedua kamera ini yaitu di lensanya.

Tanpa membandingkan harganya, Sony RX0 terlihat lebih unggul di banyak faktor karena sensornya lebih besar, sehingga lebih baik dikondisi cahaya yang gelap. Kamera Sony RX10 sangat cocok buat trip liburan bersama keluarga atau street photography.  Bagi yang menyukai kamera dengan desain seperti kamera film dan rentang lensa yang jauh, Olympus Stylus 1 akan cocok. Dan Jika menyukai kamera dengan ukuran yang paling ringkas dan harga merupakan hal yang penting, Nikon P7800 kamera yang lebih pas.

No comments:

Post a Comment